Thursday 6 June 2013

Peluang Lain dari ‘Mundur Kena Maju Kena’

Anda pasti sudah sering mendengar istilah yang satu ini: Maju kena mundur kena. Ini biasanya dipakai untuk menyebut suatu situasi ketika kita berada di sebuah kondisi, di mana kita dihadapkan pada dua kemungkinan pilihan. Pilihan mana pun yang kita ambil akan menimbulkan reaksi buruk. Kalaupun tidak ada satu pun pilihan yang kita ambil, tetap menimbulkan akibat buruk.

Betapa sulitnya ketika kita dihadapkan pada situasi semacam itu. Betapa dilematisnya. Tetapi apakah kita akan diam saja? Pasti orang yang bijaksana akan menimbang pilihan mana yang akan diambil. Itu terkait dengan jika pun ada risiko, ia akan memilih pilihan yang risikonya lebih ringan. Dan kalau bosa mengandung manfaat dan kegunaan yang lebih besar dibandingkan risiko.

Itu pilihan bijaksana dan biasa saja. Padahal jika kita merenungkan, posisi semacam itu akan memberi peluang pilihan yang sangat banyak. Mundur kena maju kena berarti ada pilihan pergerakan ke samping kanan. Samping kiri. Melompat ke atas. Asalkan jangan memilih merunduk ke tanah apalagi mengubur diri, karena merasa kehabisan peluang dan harapan. Atau ketakutan mau mundur atau maju.

Baiklah, Teman. Banyak sekali kan yang bisa kita lakukan jika kita berada di posisi maju kena mundur kena? Selamat memilih. Pilihan tetap berada di tangan Anda lho.

Griya Sastra Obor, Cibinong 6 April 2013

***

No comments:

Post a Comment